Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Materi Public Speaking Untuk Anak

Mengajari anak untuk menguasai public speaking sangat penting dilakukan. Selain melatih anak untuk mencegah terlambatnya anak berbicara, public speaking untuk anak juga akan meningkatkan kecerdasan otak anak.

Karena biasanya anak yang sudah mulai banyak bicara, akan banyak bertanya. Dan pada saat kita banyak menjawab pulalah maka perkembangan otak anak akan terstimulasi dan anak pun menjadi kaya akan banyak pengetahuan baru.

Lalu bagaimana cara mengajari anak untuk bisa public speaking dengan baik? Apakah caranya sama dengan mengajari orang dewasa? Berikut ini Admin Tips Public Speaking memberikan materi public speaking untuk anak sehingga anak mahir berpidato, melatih bicara anak menjadi teratur dan profesional.

Materi Public Speaking Untuk Anak

Cara berikut ini bisa digunakan para pelatih public speaking untuk mendidik public speaking anak. Materi ini dapat menjadikan anak percaya diri dan meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan public speaking seperti berbicara teratur, menjadi MC dan presenter.

Meskipun jiwa anak-anak berbeda dengan orang dewasa, akan tetapi jika kita mengajari akan-anak praktek public speaking dan menikmatinya, lambat laun akan percaya diri dengan public speaking yang dimilikinya dan pada akhirnya akan menunjang kesuksesan anak. Ini dia materi public speaking untuk anak :

1. Jangan Menyebutnya Public Speaking

Jika kita membicarakan materi public speaking maka hal yang berhubungan adalah cara berbicara, timing, nada suara, gaya berbicara dan itu semua akan menjadikan sang anak pusing bahkan takut untuk mempelajarinya.

Nah jika kita melatih public speaking dengan nama lain misalnya bermain drama, permainan suara, atau dengan nama lain yang pas buat anak maka sang anak akan menjadi fun dan menikmatinya.

Materi Public Speaking Untuk Anak

2. Lebih Banyakkan Praktek, Kurangi Teori

Anak-anak akan lebih mudah menyerap materi public speaking dalam bentuk praktek langsung dari pada membaca teori public speaking. Jadi lebih baik kurangi teori dan buat mereka berbicara sebanyak mungkin.

3. Bagi Anak Ke Dalam Beberapa Kelompok

Buat satu anak berbicara di depan kelompoknya sendiri dan yang lain memberikan komentar. Andaikan seorang anak belum berhasil berbicara di depan kelompoknya maka sang anak malunya sedikit saja. Selanjutnya jika sang anak sudah berhasil, buat sang anak berbicara di depan kelompok lain dan kelompok lain tersebut memberikan tanggapannya masing-masing.

4. Sesekali Main Tebakan Seru

Permainan ini bersifat impromptu yang sifatnya menghibur sehingga anak akan merasa nyaman dan senang. Pilihlah permainan yang bersifat membangun percaya diri. Kita perlu mengajarkan kepada anak untuk tidak takut salah, karena banyak orang tidak pandai public speaking alasannya adalah takut salah dan tidak mau mencoba.

5. Sampaikan Teknik Public Speaking Ketika Sedang Praktek

Jika kita sibuk mengajarkan teknik public speaking kepada anak tanpa ada praktek berbicara maka tidak akan ada hasilnya. Belajar public speaking ibaratnya seperti belajar mengendarai mobil, kita harus banyak praktek dengan sedikit teori saja.

6. Berikan Banyak Tanggapan Positif

Kita mengajari anak bukan orang dewasa jadi berikan banyak sekali komentar positif. Hal ini sangat baik untuk perkembangan mental positif anak. Jika anak kurang benar dalam public speaking, cobalah mengungkapkannya dengan kalimat yang positif dan hindari menyalahkan anak.

7. Gunakan Rekaman Video

Menggunakan handicam untuk merekam aktivitas anak ada baiknya untuk mengajari anak agar nyaman di depan kamera dan menghilangkan kegugupan. Cara ini terbukti efektif untuk meningkatkan percaya diri ketika berada di panggung suatu saat nanti.

Demikian materi public speaking untuk anak dipersembahkan untuk insan Indonesia. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui Facebook, Twitter atau Google+. Terima kasih!

Materi Public Speaking Untuk Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment